Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Lebih Jauh Tentang DBD (Demam Berdarah Dengue).

Mengenal Lebih Jauh Tentang DBD (Demam Berdarah Dengue).

Diposting pada 1 November 2016 oleh Madu Propolis HD

Apa itu yang dinamakan Demam Berdarah Dengue (DBD)?

Sebenarnya sudah banyak orang-orang yang membicarakan tentang DBD (Demam Berdarah Dengue) tetapi tidak ada salahnya kalau di kupas lagi untuk mengingatkan masyarakat akan berbahayanya penyakit DBD ini. Apalagi dengan adanya kasus mewabahnya DBD di beberapa daerah di Indonesia yang sempat merenggut nyawa beberapa orang.

DBD atau yang biasa dikenal sebagai Demam Berdarah adalah suatu penyakit pendarahan akut. Penyakit ini harus cepat ditangani, jika terlambat dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini pertama kali mewabah ditahun 1780an di Asia, Afrika dan Amerika Utara secara bersamaan. Dibawah ini perkiraan penyebaran penyakit DBD di beberapa negara di dunia.

manfaat propolis, demam berdarah, nyamuk demam berdarah, ciri ciri demam berdarah, gejala demam berdarah, obat demam berdarah, demam berdarah dengue, penyakit demam berdarah, sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh

Mengenal Lebih Jauh Tentang Serangan Virus DBD (Demam Berdarah Dengue).

Media Penyebar Penyakit DBD.

Media penyebar penyakit DBD ini adalah nyamuk demam berdarah Aedes Aegypti. Nyamuk ini dapat berkembang dengan baik pada suhu yang hangat terutama pada daerah yang mengalami kenaikan temperatur karena adanya pemanasan global, apalagi bila disertai dengan tingkat curah hujan yang lebih lama.

Sekarang ini penyakit DBD bukan saja ditemui di daerah tropis tetapi sudah menyebar ke daerah bersuhu sedang (sub-tropis). Perpindahan penduduk dari daerah pedesaan ke daerah perkotaan juga memperluas penyebaran virus DBD ini. Hal ini terutama terlihat di negara negara berkembang dimana sebagian besar penduduknya masih menghuni pemukiman yang relatif kurang layak. Karena minimnya sumber air, maka mereka umumnya menyimpan air di tempat tempat yang berpotensi sebagai sarang nyamuk Aedes Aegypti; misalnya di bak mandi, ember, tempayan, dan lain lain.

Bagaimana Cara Penularan Penyakit DBD ini?

Seperti dijelaskan diatas, DBD ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Bagaimana cara nyamuk ini menularkannya?

Saat nyamuk menggigit manusia yang kebetulan sedang mengandung virus dengue, maka virus itu akan mengendap di dalam tubuh nyamuk dan melalui beberapa proses virus dengue akan sampai ke lambung nyamuk itu dan nantinya akan bermigrasi ke kelenjar ludahnya. Pada saat nyamuk tersebut menggigit manusia lain yang belum terkena virus dengue dimana gigitannya menembus kulit, maka pada hari ke empat virus dengue mereplikasi diri secara cepat dan akan memasuki sirkulasi darah yang menyebabkan orang tersebut mengalami kenaikan panas tubuhnya.

Apa Ciri Ciri Nyamuk Aedes Aegypti?

  • Badannya kecil dan berwarna hitam dengan bintik bintik putih di sekitar tubuhnya.
  • Hidup di dalam dan sekitar rumah.
  • Umumnya menggigit manusia pada pagi hari (jam 9:00) dan siang hari (jam 14:00)
  • Suka berdiam diantara pakaian yang tergantung di kamar.
  • Bersarang dan bertelur di genangan air jernih yang ada di dalam dan sekitar rumah. Nyamuk ini tidak suka air keruh yang ada di got/comberan.
  • Biasanya suka bersarang di dalam bak mandi, tempayan, tempat minum burung, vas bunga dan lain lain.

    manfaat propolis, demam berdarah, nyamuk demam berdarah, ciri ciri demam berdarah, gejala demam berdarah, obat demam berdarah, demam berdarah dengue, penyakit demam berdarah, sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh

    Inilah nyamuk aedes aegypti yang merupakan nyamuk penyebar penyakit demam berdarah dengue.

Tanda Tanda Demam Berdarah.

Penyebaran virus DBD berbeda beda pada tiap tiap orang tergantung pada daya tahan tubuh dan juga intensitas virus yang ada didalam tubuhnya. Pada umumnya tanda tanda seseorang terkena penyakit demam berdarah akan terlihat pada beberapa gejala demam berdarah, antara lain:

  • Panas tinggi disertai demam selama 2-7 hari
  • Nyeri pada kepala, otot, tulang dan ulu hati.
  • Adanya pendarahan; seperti:
    • Bercak bercak merah di kulit, muka, lengan, tungkai dan langit langit mulut.
    • Mimisan
    • Gusi berdarah
    • Kalau sudah lebih parah dapat disertai muntah darah
  •  Pembesaran hati dan kegagalan sirkulasi dalam tubuh yang menyebabkan penderita  shock.

Selama fase mulai hari pertama sampai hari ketujuh, trombosit penderita terus menurun. Fase kritis biasanya antara hari ketiga dan kelima. Pada fase ini seringkali terjadi keluarnya keringat yang berlebihan, mengalami gelisah, jari kaki dan tangan dingin, penurunan tekanan darah disertai denyut nadi yang tidak teratur. Pada fase ini penderita harus segera dibawa ke rumah sakit untuk pengobatan intensif.

Cara Pencegahan.

Akan lebih baik mencegah daripada mengobati. Itu adalah pepatah kuno yang patut diikuti. Nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak pada kondisi lingkungan yang tidak bersih. Pada lingkungan yang bersih, sehat dan terjaga nyamuk ini tidak akan dapat bertahan hidup. Oleh karena itu jagalah lingkungan di sekitar kita tetap bersih agar nyamuk Aedes Aegypti tidak dapat berkembang biak. Salah satu cara adalah melakukan 4M; yaitu:

  • Menguras tempat tempat penampungan air; seperti bak mandi, tempayan, vas bunga dan tampat penampungan lainnya secara berkala sekurang kurangnya seminggu sekali.
  • Menutup rapat rapat tempat penampungan air agar nyamuk Aedes Aegypti tidak dapat masuk dan berkembang biak.
  • Mengubur/menyingkirkan barang barang bekas yang ada di sekitar rumah yang dapat menampung air hujan, seperti ban bekas, kaleng bekas, pecahan botol agar tidak menjadi tempat bertelur nyamuk demam berdarah.
  • Memantau terus tempat penampungan yang ada agar selalu bersih dan juga secara berkala menuangkan bubuk abate serta menghindari menggantung pakaian di kamar tidur yang dapat menjadi sarang nyamuk.

Pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk menghindari terjangkit penyakit demam berdarah ini. Asupan nutrisi tubuh yang cukup dan juga waktu istirahat yang baik akan sangat membantu menghindari dari penyakit ini. Mengkonsumsi suplemen makanan akan sangat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu suplemen untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dalam menangkal serangan radikal bebas adalah HDI Bee Propolis dan yang lebih efektif dengan HDI Propoelix.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

pencarian dari google:

Bagikan informasi tentang Mengenal Lebih Jauh Tentang DBD (Demam Berdarah Dengue). kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Lebih Jauh Tentang DBD (Demam Berdarah Dengue). | madupropolishd.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Lebih Jauh Tentang DBD (Demam Berdarah Dengue).

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami

Data Pengunjung

Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan